Pada tahun 2022 kami melakukan riset dan kampanye untuk mendukung jaringan warga Blitar yang terkena dampak pencemaran limbah peternakan PT. Greenfields. Laporan riset hanya sekelumit cerita yang menggambarkan betapa pengawasan lingkungan, keterbukaan informasi, penindakan hingga partisipasi warga dalam kasus lingkungan masih minim, serta bagaimana lambannya pemerintah dalam menangani kasus ini.

Sejak tahun 2018, PT Greenfields Indonesia telah melakukan pencemaran pada lingkungan di sekitarnya. Dampak pencemaran ini dirasakan langsung oleh warga yang tinggal di sekitar area farm ataupun yang jauh dari area farm. Warga Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi merupakan wilayah terdekat farm 2 yang merasakan dampak pencemaran dari aktivitas produksi PT Greenfields, tidak hanya di wilayah sekitar produksi yang notabene kawasan atas, pada wilayah yang jauh dari situ produksi dan tergolong kawasan bawah seperti Desa Suru, Kecamatan Doko juga turut terdampak akibat pencemaran Greenfields.

Selain pencemaran, rencana perluasan PT Greenfields dengan membangun farm 3 juga menyulut konflik agraria yang hingga saat ini belum selesai. Warga telah melakukan berbagai usaha salah satunya melaporkan ke Pemerintah Kabupaten Blitar dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, meski pemerintah mengakui pencemaran PT Greenfields serta melakukan tindakan berupa teguran dan peringatan, tetapi perusahaan tidak bergeming. Pada akhirnya warga melakukan gugatan class action di Pengadilan Negeri Blitar dan dinyatakan menang, meski hukumannya sangat ringan dan tidak berdampak apa-apa.

Pada laporan riset ini secara garis besar menunjukkan temuan bahwa pencemaran yang dilakukan oleh PT Greenfields memiliki dampak yang luas, selain kerusakan ekosistem, juga mengakibatkan dampak sosial seperti konflik agraria.

Tentu ini perlu menjadi perhatian serius ke depan, untuk bagaimana warga dan segenap masyarakat turut melakukan pengawasan serta tindakan ketika ada pencemaran dan perusakan lingkungan. Jangan biarkan pencemar bebas!! Mari perkuat diri dengan berjejaring melawan pencemar dan perusak lingkungan!!!

Laporan selengkapnya unduh pada link di bawah:
https://bit.ly/PencemaranGreenfields


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *