Rilis zine “DENOTASI” edisi 3 dengan mengusung tema persoalan sampah yang ada disekitar kita. Berangkat dari 6 TPA yang terbakar di jawa timur hingga bulan ini lalu permasalahan lain yang erat kaitannya dengan pengelolaan dan tata ruang. Zine kali ini lebih banyak membahas problem sampah yang ada di kota Batu, kota wisata yang menarik banyak orang untuk datang namun sepertinya justru menjadi petaka.

Sampah bukan hanya sebagai hal yang menjijikan, namun juga sebagai anak yang kita semua turut hadirkan. Banyak orang yang saat ini juga mulai untuk melakukan gaya hidup yang minim sampah atau dikenal dengan “zero waste”.

Namun tak semudah membalikkan telapak tangan, persoalan sampah juga melibatkan bagaimana tata kelola atau kebijakan yang dihadirkan pemerintah. Sampah yang menumpuk tentu membutuhkan ruang untuk menampungnya, namun jika tidak ada sistem yang baik, akan berujung menjadi gunung lalu bisa saja berujung bencana kebakaran atau ledakan. 

Rumit dan menyebalkan ya jika mendengar soal sampah. Begitu kira – kira yang dihadapi warga saat ini, salah satunya warga kota batu. Ketika TPA ditutup mereka harus mengelola sampah sendiri di desa yang belum semuanya punya sistem pengelolaan, ujung – ujungnya menumpuk di depan rumah dan dibakar di lahan kosong. 

Namun sejak batu menjadi sebuah kota, lahan – lahan banyak dikapling untuk villa, hotel dan tempat wisata. Dan sampahpun bertambah dari para turis. Kebayangkan betapa rumitnya kan. Zine lagi – lagi kami pilih menjadi medium berbagi kegelisahan serta informasi yang lebih cair namun dengan harapan mampu dibaca semua pihak.

Lalu kerumitan itu bisa kita mulai urai bersama. Untuk itu zine ini menjadi pengantar pengurai kerumitan itu.

Selamat membaca kawan – kawan. 

Link Unduh:

http://bit.ly/denotasisampah


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *