Pembahasan mengenai krisis iklim sangat begitu kompleks, sebab memiliki banyak irisan, tidak hanya sekedar perubahan iklim yang didorong oleh peningkatan emisi karbon akibat deforestasi. Tetapi juga harus membahas keterkaitannya dengan industrialisasi, baik dari hulu maupun ke hilir.

Deforestasi yang terjadi bukan sekedar hutan ditebang habis atau sekedar ulah manusia, hilangnya pohon-pohon itu sangat terkait dengan tata kelola lingkungan hidup, terutama aktivitas ekonomi. Seperti keberadaan energi yang datang untuk memberikan kemudahan bagi manusia.

Mungkin hampir seluruh manusia di bumi ini menggunakan energi, utamanya listrik, mungkin hanya sekelompok kecil yang tidak menggunakannya. Karena listrik sangat bersinggungan dengan aktivitas ekonomi yang tujuannya adalah untuk mempertahankan hidup. Dari ekonomi rumah tangga sampai ke level korporasi, listrik masih menjadi sumber kebutuhan utama. 

Tetapi, apakah di antara kita mengetahui berasal darimanakah listrik yang dikonsumsi setiap hari? Mungkin ada beberapa yang mengetahui.

Maka riset yang terangkum dalam buku berjudul “Melihat Ulang Dampak PLTU di Tiga Wilayah: PLTU Paiton, PLTU Pacitan dan PLTU Cilacap” mencoba menjawabnya. Riset ini dilakukan secara kolaboratif oleh WALHI Region Jawa yakni WALHI Jawa Tengah, WALHI Jawa Timur dan WALHI Yogyakarta yang juga bagian dari koalisi Bersihkan Indonesia mencoba memberikan informasi dan gambaran mengenai potret kehidupan warga di sekitar PLTU.

Wilayah yang kami jadikan sumber amatan ada di wilayah Paiton, Kabupaten Probolinggo, Sudimoro, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Timur dan Karangkandri, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Dari ketiga wilayah tersebut memiliki kemiripan terkait dampak, terutama pada ekosistem baik laut maupun darat, serta mempengaruhi kehidupan warga yang bekerja sebagai nelayan dan petani. Tetapi setiap wilayah memiliki keunikan tersendiri terkait problem yang mereka hadapi. Sehingga dapat menjadi fakta baru mengenai dampak energi fosil atau dalam tagline kampanye disebut sebagai energi kotor. 

Silahkan unduh di Link Berikut:

https://bit.ly/DAMPAKPLTU


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *